0 Comment
Tabungan emas Pegadaian adalah sebuah terobosan baru yang dibuat oleh PT. Pegadaian (Persero) pada tahun 2015 untuk mengenalkan ke masyarakat tentang pentingnya investasi emas di tengah ke tidak stabilan perekonomian di Indonesia, dengan harga yang terjangkau masyarakat tetap bisa berinvestasi emas. Tabungan emas Pegadaian sendiri dengan sistem titipan.

Tabungan emas, investasi emas, cicil emas.
Tabungan Emas Pegadaian
Berinvestasi emas tidak harus memiliki emas, salah satu caranya dengan membuka tabungan emas di Pegadaian.

Menabung emas dengan cara dicicil

Tabungan emas berarti Anda membuat tabungan untuk mendapatkan emas setelah tabungan Anda terpenuhi jumlahnya baru emas anda bisa diorder untuk dicetak. Cara ini akan membantu Anda lebih mudah mendapatkan emas batangan dengan cara dicicil dan lebih murah.

Bagaimana prosedur dan cara membuka rekening tabungan emas di Pegadaian?


  1. Siapkan fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku sebagai syarat bukti identitas Anda.
  2. Anda harus mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya administrasi Rp10.000,- serta biaya fasilitas titipan emas sebesar Rp30.000,- per tahun atau Rp2.500,- per bulan.
  3. Membawa materai atau anda bisa membelinya di Pegadaian.
  4. Jika syarat di atas sudah lengkap silakan datangi kantor cabang Pegadaian terdekat.

Pegadaian, tabungan emas dicicil, emas antam, emas ubs

Minimal menabung tabungan emas Pegadaian

Minimal yang bisa anda beli 0,01 gram, anda dapat membeli emas dengan kelipatan 0,01 gram. Harga emas akan berubah setiap harinya, sehingga harga emas akan disesuaikan dengan tanggal pembelian Anda. 

Contoh :

Misalnya jika harga emas adalah Rp6.000,- per hari ini, di saat Anda ingin membeli 1 gram emas, Anda harus membayar seharga Rp.600.000,-. Harga inilah yang akan Anda tabungkan dalam tabungan emas.

Minimal saldo tabungan emas Pegadaian

Sama halnya dengan tabungan uang di Bank tabungan emas di Pegadaian pun memiliki batas minimal. Yaitu, 0,1 gram batas saldo tabungan emas.

Kapan bisa memiliki bentuk fisik emas yang sudah anda tabung?

Meskipun Anda sudah memasukkan uang dalam tabungan emas, namun bentuk fisik emas belum bisa Anda terima. Kecuali saldo tabungan emas ada sudah mencukupi untuk dicetak. Seperti 1,2,3,4,5,10,50,100 gram.
Namun jika Anda menginginkan bentuk fisik sementara, Anda bisa mencetaknya dan membayar biaya cetak.

Saat Anda sudah memutuskan untuk melakukan investasi emas melalui tabungan emas di Pegadaian, maka dipastikan Anda sudah menerima berbagai keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut adalah :

1. Investasi dengan biaya sedikit
Meskipun Anda memiliki biaya yang tidak besar, namun Anda tetap bisa berinvestasi dengan tabungan emas. Biaya menabung yang relatif kecil mulai dari Rp.5000,-an Lidan anda tetap bisa membantu memenuhi kebutuhan lainnya tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk berinvestasi.

2. Aman
Ketahuilah bahwa Anda menabung dan berinvestasi melalui Pegadaian, itu berarti Anda telah memilih tempat yang aman untuk menyimpan dana emas Anda. Emas Anda akan tersimpan dengan baik karna Pegadaian di awas oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan dapat Anda miliki jika sudah sesuai dengan jumlah tabungan Anda.

3. Bisa dijaminkan dan dijual
Saat Anda sudah mendapatkan emas secara fisik, dalam artian tabungan Anda sudah mencukupi dan emas menjadi milik Anda, maka Anda bisa kembali menjual atau menggadaikan emas tersebut. Hal ini akan sangat berguna di saat Anda membutuhkan dana secara tiba-tiba. Anda bisa menjaminkan atau menggadaikan emas tersebut ke Pegadaian. Nantinya, Anda akan mendapatkan nominal harga taksir dan jual yang sesuai dengan kebijakan Pegadaian.

Post a Comment

 
Top